REVIEW BUKU ONE OF US IS LYING | KAREN M. MCMANUS

by - Juli 27, 2020



𝑬𝒚𝒚𝒐𝒐𝒐 𝒔𝒊𝒂𝒑𝒂 𝒏𝒊𝒉 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒔𝒖𝒌𝒂 𝒃𝒐𝒉𝒐𝒏𝒈 ??⁣


𝑵𝒈𝒈𝒂𝒌 𝒅𝒆𝒏𝒈, 𝒃𝒆𝒄𝒂𝒏𝒅𝒂


Sempat bingung sih mau bikin reviewnya kayak gimana. Tapi aku coba deh ya 😅⁣

Nah semua kejadian ini bermula dari kelas Mr. Avery. Hari itu ada yang ketahuan bawa hp ke dalam kelas dan mereka dipanggil ke ruang detensi. Kalau di sini kayak ruang BK kali ya. Sebelum detensi berakhir, Simon salah satu murid di ruangan itu meninggal setelah minum air dengan kandungan minyak kacang. Btw Simon ini alergi sama yang namanya kacang. Di ruangan itu hanya ada 4 orang yaitu Addy si cewek populer di sekolahan, Bronwyn si pintar banget, Nate si bandel pengedar narkoba dan Cooper si atlet bisbol idaman semua orang.⁣

Dan hal mengagetkan pun terjadi sehari setelah kejadian tersebut. Ditemukannya draft artikel gosip "About That" yang dibuat oleh Simon tentang keempat tersangka di ruangan tersebut. Aplikasi tersebut dulunya merupakan akun pembuat masalah yang menyebar gosip di sekolah dan meski kenyataannya gosip itu emang benar sih. ⁣

Berhari-hari keempat tersangka tersebut diliput oleh media dan diwawancarai oleh kepolisian di daerah mereka, Bayview High. Siapa sangka persamaan nasib yang mereka alami malah melahirkan kedekatan sebagai teman. Selama itupun bermunculan draft-draft baru dari akun About that yang sedang diselidiki.⁣


Penyelidikan kasus tidak hanya melulu membahas tentang perkara kematian Simon. Hal-hal yang selama ini menjadi rahasia bagi empat tersangka tersebut malah diungkap secara terang-terangan. Dimulai dari Si Bronwyn yang ketahuan bikin contekan saat ujian kimia. Secara anak pintar ya kan, siapa yang nggak kaget ?. Perkara ibu Nate yang ternyata belum meninggal (haa ?? jadi selama ini)

"Segala-galanya akan menjadi lebih buruk sebelum menjadi lebih baik". Karen M. Mcmanus

Cerita ini ditulis dengan sudut pandang keempat tokoh tersangka. Karakternya juga unik-unik menurutku. Dari setiap penuturan tokoh-tokoh tersebut, kamu akan dbikin mikir banget siapa pelakunya. Awalnya emang rada membosankan. Tapi pas aku ketemu plot twistnya, malah bikin deg degan pas ngebalik halaman berikutnya. Jangan bilang Dia adalah diantara yang berempat itu wkwk nggak mau spoiler ah. ⁣
Kalo dibaca dari keempat sudut pandang mereka sih, kayaknya si Bronwyn dapat porsi lebih deh. Apalagi pas bagian epilognya. O iya, dibagian akhir pengungkapan kasus dibuat dengan adanya klise yang menurutku malah bikin ceritanya nggak di jalur yang seharusnya.⁣

Overall sih bagus ya. Apalagi untuk sebuah novel perdana dari Karen M. Mcmanus udah bagus banget sih.

You May Also Like

0 Comments