Review Buku : The Silent Patient - Alex Michaelides

by - Juli 21, 2020

Judul : The Silent Patient
Penulis : Alex Michaelides
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Jumlah halaman : 395

Gambar Oleh Widya Novi Susanti


THE SILENT PATIENT

Alicia Berenson adalah seorang pelukis terkenal. Tapi sekarang, Ia tak lagi bermain dengan kuas dan kanvasnya. Ia diam. Ia mati.

Alicia dirawat oleh seorang psikoterapis yang (dulunya) juga merupakan seorang pasien psikoterapis, Theo Faber namanya. Theo ingin sekali membantu Alicia. Nama Alicia saat itu menjadi bahan perbincangan banyak orang. Bagaimana tidak ? Seorang istri yang ditemukan terdiam dengan sebuah senjata tembak. Suaminya tergeletak bersimbah darah, lima kali tembakan di bagian kepala. Publik banyak mengira bahwa Alicia memiliki masalah dengan kejiwaannya. Tak ada satu patah kata pun yang yang ingin Ia ucapkan. Ia diam.

Theo lah yang berusaha mencari penyebab bungkamnya Alicia. Ia datangi orang-orang yang ada hubungan atau pernah berkomunikasi dengan Alicia sebelum kasus, sesuai dengan buku harian yang Ia terima dari Alicia. Dan siapa sangka halaman yang terlewatkan oleh Theo akan merujuk pada tersangka.

Baca Juga : Review Buku : Aroma Karsa - Dee Lestari


Terlepas dari kasus Alicia yg Theo tangani, Ia juga memiliki masalah keluarga. Istrinya selingkuh. Hal mustahil yang tak mungkin terjadi, melihat harmonisnya keluarganya selama ini.

 Awalnya cerita ini mengalir dari sudut pandang tokoh psikoterapis, lalu kamu mulai disuguhkan pernyataan kebenaran dari kilas balik buku harian Alicia. Setelah terlihat benang merahnya, kelanjutannya pun malah jadi kurang greget menurutku. Plot twistnya nggak nemu gitu.

Tapi, aku suka ide penulis yang menuliskan cerita mengenai psikologi seperti ini. Seolah-olah kamu merasakan cara berpikir dan kalutnya orang yang trauma dengan masa lalu. Bingung memang, but ada banyak pelajarannya. Contohnya, bagaimana pentingnya kejujuran dalam sebuah keluarga, dan bagaimana kejamnya dampak trauma psikologis yang pernah dialami seseorang.

Baca Juga : Review Buku The Tokyo Zodiac Murders Karya Soji Shimada



Sebelumnya telah diposting pada gubuk informasi

You May Also Like

0 Comments