Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 TIPS MENGATASI READING SLUMP

 
TIPS READING SLUMP


    Reading Slump  adalah kondisi dimana mood baca kamu lagi nggak baik, pikiran kemana-mana, dan tidak merasa bergairah untuk membaca. Biasanya kondisi kayak gini sering ditemui pada orang-orang yang sangat suka membaca. Walaupun nggak menutup kemungkinan yang jarang baca juga bisa kena Reading Slump. 
    Kenapa kita bisa kena Reading Slump ? banyak penyebab yang memungkin seseorang bisa terpapar "virus" ini. Diantaranya terlalu banyak bahan bacaan yang menumpuk. Para pecinta buku biasa menyebutnya TBR (To Be Read). Merasa bingung mau baca buku yang mana duluan. Kedua, salah baca genre buku. Kadang seseorang pengen explore bacaannya dengan mencoba genre baru, tapi nggak menelusuri terlebih dahulu atau mencari tahu bagaimana genre yang akan dibaca. Akhirnya si pembaca malah bosan duluan sebelum menamatkan bacaan.
    Ketiga terlalu sibuk dengan aktivitas lain terutama gadget . Aku tebak deh, nggak bakal ada seorang pun yang nggak noleh kalau handphonenya berbunyi. Apalagi kalau grup WhatsApp lagi rame banget. Keempat, buku yang terakhir dibaca nggak ngasih kesan yang berarti. Ada saatnya kita nemuin bacaan yang endingnya nggak sesuai sama ekspektasi. Nyesek serius. Sampe ubun-ubun kadang kesalnya. Kelima, susah move on. Saat kamu menemukan bacaan yang bagus banget, itu pun ngasih efek banget buat jadi Reading Slump. Susah banget mau ngelanjutin ke bacaan yang lain. Seakan-akan jalan cerita bukunya masih nyangkut di pikiranmu. Mau ngapain ingat terus wkwkwk. Ya gitu deh. Sama kayak cinta. Buku pun bisa kita gagal move on.
    Yuk ah kita kulik tips ampuh mengatasi Reading Slump versi aku.

1. Baca Buku Favoritmu

    Hey siapa nih yang masih bingung mulai baca buku yang mana karena habis terserang Reading Slump ? don't worry. Buku favorit versi kamu bisa banget jadi pilihan. Percaya deh. Tips ini ampuh banget. Buku terbaik versi kamu nggak pernah gagal bikin mood baca kamu jadi baik lagi.

CARA MENGATASI READING SLUMP


2. Ikut Reading Challenge

    Kamu bisa temukan berbagai reading challenge untuk menantang dirimu membaca genre yang berbeda dari biasanya. Reading Challenge banyak diadakan oleh pegiat literasi di medial sosial khususnya seperti instagram. Akun-akun literasi @bookstagramindonesia dan @komunitaspembacabuku sering mengadakan tantangan dalam membaca buku. Dan tema setiap bulan selalu berbeda

3. Menata Susunan Rak Buku

    Setiap orang pasti punya gaya sendiri untuk menata rak buku yang ia punya. Kalau aku lebih suka menata buku berdasarkan warna. Nah kalau kamu juga suka menata buku berdasarkan warna dan udah ngerasa bosan, kamu bisa coba susun rak bukumu berdasarkan genre atau tinggi buku. Cara ini bisa menjadi langkah awal untuk mengubah mood bacamu. Tatanan rak buku baru bisa memberikan suasana baru ketika akan membaca buku.

4. Memberi Jeda Membaca

    Kamu nggak perlu memaksakaan untuk terus membaca setiap waktu. Bacalah senyaman dan semampumu. Kegiatan membaca adalah salah satu cara healing self menurutku. Jadi ya melakukannya juga mesti santai. Jika kamu sudah mulai terserang Reading Slump, berilah jeda saat ingin membaca lagi. Jeda bisa kamu berikan selama 1 minggu. Nah saat sudah mulai membaca pun nanti sebaiknya juga kamu berika jeda. Jangan langsung borong bacanya. Jeda selama 2 sampai 3 jam cukup untuk membuatmu menyesuaikan kembali dengan buku yang kamu baca.

5. Baca Buku dengan Genre Berbeda

    Membaca buku dengan genre yang kamu sukai memang nggak pernah gagal sih. Tapi ada kalanya kita bosan dengan genre yang itu-itu aja. Aku saranin kamu untuk mencoba genre yang berbeda. Dengan mencoba genre yang berbeda kamu akan menemukan hal baru. Kamu yang biasanya baca non fiksi bisa sesekali nyoba baca buku fiksi. Tidak apa-apa jika nanti kamu nggak cocok dengan genre baru tersebut. Semua hal baru memang perlu penyesuaian. Masih banyak genre lain yang bisa banget kamu coba.

6. Ganti Suasana Baca Buku

    Kamu tim baca indoor atau outdor nih ? Baca buku di tempat itu-itu terus kadang bisa bikin kita bosan atau pun jenuh. Kamu yang suka baca buku di dalam ruangan seperti di kamar, cobalah untuk merubah suasana bacamu ke luar ruangan. Membaca buku di taman adalah pilihan terbaik untuk melahirkan suasana baca jadi lebih bersahabat dengan alam. Suasana baru saat membaca lumayan ngasih pengaruh untuk merubah mood bacamu jadi lebih baik. 

mengatasi reading slump


7. Mengunjungi Perpustakaan atau Toko Buku

    Kapan nih terakhir kali kamu mengunjungi perpustakaan atau toko buku ? perpustakaan aja deh kalau ntar kamunya takut kalap wkwk. Mencium aroma buku dan tenggelam di ribuan judul buku. Nikmat tuhanmu mana lagi yang kau dustakan ? wahhh berlama-lama di ruangan yang dipenuhi buku emang nggak ada lawannya. Tumpukan buku dan suasana hening bikin makin relaks untuk menikmati berbagai macam genre dan judul buku. Atau sesekali kamu bisa mengunjungi toko buku. Memberikan self reward untuk dirimu why not ? Asal masih tetap wajar ya. Belajarlah untuk mengontrol keuangan terutama untuk hal yang bersifat keinginan. Dahulukan terlebih dahulu kebutuhan. Jika masih ingin, buatlah budget khusus untuk hal tersebut.

MENGATASI READING SLUMP


8. Membaca Buku Penulis Favoritmu

    Siapa nih penulis favoritmu ? Nah membaca buku dari penulis favorit juga bisa kamu jadikan jalan keluar untuk membasmi Reading Slump. Mungkin ada buku dari penulis favoritmu yang belum sempat kamu baca. Moment ini cocok banget untuk membuat kamu lebih semangat lagi membaca buku. Kamu bisa tenggelam dalam perasaan yang sama saat biasanya membaca buku dari penulis favoritmu. Hal tersebut perlahan bisa mengembalikan semangat bacamu.

9. Audiobook atau Ebook

    Jenis buku yang bisa kamu baca saat ini sangat beragam macamnya. Hal tersebut adalah salah satu cara agar kamu yang suka membaca tidak gampang bosan karena hanya terjebak dalam satu bentuk media baca. Kalau dulu orang-orang hanya membaca buku cetak atau fisik. Sekarang ada pilihan lain seperti buku digital atau ebook dan audiobook. Atau kamu juga bisa mendengar pembahasan mengenai buku lewat podcast. Dijamin nggak bakal bosan. Selain itu, masing-masing bentuk media baca tadi punya kekurangan dan kelebihan juga tentunya. Kamu tinggal sesuaikan dengan kebutuhanmu.

10. Membaca Buku yang Lagi Hype

    Setiap saat pasti ada aja buku hype yang bikin penasaran. Meski sebenarnya buku ini nggak semua bakal cocok di kita. Kamu bisa banget nyoba baca buku yang lagi hype tersebut. Kebanyakan buku yang sedang banyak peminatnya punya persentase besar untuk bikin mood baca baik lagi. Dibuktikan dengan banyaknya pembaca yang menggandrunginya. Nah, siapa tau kamu masuk di salah satu orang yang bisa dibuat tertarik dengan buku tersebut.

11. Blogwalking

    Blogwalking adalah kegaiatan mengunjungi atau mampir ke blog orang lain dengan tujuan tertentu. Blog dengan tema buku bisa jadi pilihanmu untuk mencari referensi buku terbaru, buku yang sedang populer, rekomendasi khusus dari pemilik blog, atau juga review sebuah buku. Dengan begitu kamu nggak akan dibuat buntu mau baca buku apa. Banyak book blogger yang bisa kamu jadikan referensi isi blognya. nanti deh ya kita bahas di postingan lain beberapa book blogger yang punya rekomendasi buku bagus.

12. Membaca Komik atau Graphic Novel

    Sesekali kamu bisa baca buku yang nggak hanya tulisan aja isinya wkwk. Yup komik atau graphic novel bisa jadi pelarianmu dari jenuhnya membaca. Karena nggak banyak juga tulisannya. Kamu bisa terhibur dengan melihat gambar yang disajikan penulis. Setidaknya jumlah halamannya juga tidak terlalu tebal


2 komentar untuk "12 TIPS MENGATASI READING SLUMP"

  1. Yang sering aku lakukan nomor 4, kak 😍

    BalasHapus
  2. Di atas masih ada typo. Btw, pas banget aku lagi reading slump terus baca ini. Wkwkwk. Sekarang aku lagi istirahat dengan cara membaca komik, journaling, menonton drakor, mengerjakan tesis, dan sibuk foto buku untuk challenge @bookstagramindonesia. Nanti kalau sudah hilang reading slumpku mungkin aku akan pindah genre membaca bukunya. (Karena kemarin baca 2 buku non fiksi bersamaan).

    BalasHapus